SELAMAT DATANG - OREN BERBUDI LUHUR - #PERSIJASELAMANYA

Rabu, 30 April 2014

Sejarah Lambang Persija Jakarta


Persija Jakarta, siapa yang tidak kenal dengan tim yang berjulukan Macan Kemayoran ini? Tim kebanggaan Ibukota yang mempunyai supporter fanatik bernama The Jak Mania dan The Jak Angle.
Tim ini mempunyai sebuah lambang kabanggan bergambar Monas dengan satu bintang diatasnya yang sampai sekarang menjadi logo klub ini.
Sejarah Persija menggunakan lambang Monas sebagai lambang klubnya bermula dari berganti namanya Voebalbond Indonesische Jacatra (VIJ) menjadi Persatuan Sepak Bola Indonesia Jakarta (Persija) pada tahun 1951 yang di ikuti dengan pergantian lambang klub tersebut.
H. Sudiro yang saat itu menjabat sebagai walikota memberikan hak istimewa kepada Persija untuk menggunakan lambang Kotapraja sebagai lambang kebesaranya dengan tulisan PERSIJA di atas lambang Kotapraja, karena Persija adalah tim perserikatan yang membawahi beberapa tim seperti PSAD, PS Tunas Jaya, PSAL dll, tapi pada saat itu bukanlah gambar Monas yang menjadi lambang tim Persija, melainkan gambar Tugu Kemerdekaan yang juga lambang Kotapraja Jakarta, barulah setelah Kotapraja Jakarta berubah nama menjadi DKI Jakarta, Persija mengganti lambangnya dari Tugu Kemerdekaan menjadi Monas.
 Gambar Monas pada lambang Persija awalnya bertepikan garis yang berbentuk kotak atau segi empat, barulah pada tahun 1986-1987 lambang Monas pada Persija Jakarta berubah tepinya menjadi sebuah lingkaran, hal ini dilakukan untuk membedakan dengan tim ibukota lainnya seperti Persitara, PSJS, PS Jaktim, dan Persijabar.
Tidak hanya lambang Monas, Persija sendiri memiliki tanda bintang di atas lambangnya, bintang ini Persija dapatkan sebagai tanda bahwa sudah menjuarai Liga di Indonesia sebanyak 10 kali. Juara ini 9 kali diraih saat kompetisi masih bernama Perserikatan, yaitu pada tahun 1931, 1933, 1934, 1938, 1964, 1973, 1975 (juara bersama dengan PSMS Medan), 1977, dan 1979, terakhir Persija meraih juara pada tahun 2001 di kompetisi Liga Indonesia.

Sumber     : Gerry Anugrah Putra & http://persija.co.id

Penulis      : De

Tidak ada komentar:

Posting Komentar